6 Cara Mudah Untuk Beradaptasi Di Lingkungan Kerja Baru

ShareKan Tips - Jika kita memiliki pekerjaan yang diimpikan dengan dukungan lingkungan kerja yang kondusif itu merupakan dambaan setiap orang,masa produktif jadi lebih bermakna kalau dihabiskan untuk berdedikasi pada pekerjaan yang kita inginkan,Namun sayang nya tentu tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan emas seperti itu.

Kondisi lingkungan kerja atau hal lainnya yang tidak mendukung karir kita seringkali membuat kita memutuskan untuk pindah kepekerjaan yang baru,lingkungan kerja baru akan memberikan tantangan baginkita untuk melakukan adaptasi secara cepat dan efektif.

Cara-cara apa saja yang bisa membantu kita untuk segera beradaptasi dengan suasana  lingkungan kerja baru :


1. Belajar Menaati Budaya Perusahaan dan Etos Kerja

  • Ketika kita mulai menjalankan pekerjaan baru,hal yang pertama yang harus kita lakukan adalah menaati budaya di perusahaan baru tersebut,jangan sampai posisi kita sebagai anak baru menjadi alasan untuk melanggar budaya di perusahaan tersebut,Demikian halanya dengan budaya seperti peraturan batas absn serta perihal keterlambatan.


2. Bersikap Terbuka dengan Wajar
  • Pada tahap-tahap awal menjalankan pekerjaan baru,kita harus bersikap terbuka dengan wajar,jangan segan untuk melempar senyum pada orang-orang atau rekan baru yang belum kita kenal,Sikap yang hangat dan keramahan yang sewajarnya akan membuat rekan kerja atau atasan dilingkungan kerja yang baru akan semakin respect terhadap keberadaan kita.

3. Malu Betanya Sesat di Jalan
  • Bertanyalah dengan sopan bisa membuat kita terhindar masalah pekerjaan yang sedang di hadapi,jangan malu untuk bertanya kepada tim atau atasan kita.

4. Mempelajari Tugas dengan Seksama
  • Tugas dan pekerjaanmu di tempat kerja yang baru pasti berbeda dengan tugas di tempat kerja yang lama.

5. Hindari Ikut Campur Terlalu Jauh di Lingkungan Kerja Yang Baru.
  • Perbincangan ringan mengenai situasi kantor seringkali menggoda kita untuk ikut berbincang dan memberikan tanggapan,padahal hal seperti ini sama sekali tidak di butuhkan,sebagai pekerja baru kita memang perlu mengetahui kondisi lingkungan kerja,tapi hal tersebut sebaiknya tidak membuat kita ikut campur terlalu jauh yang bukan wewenang kita.
6. Jangan Malu untuk Minta Penilaian
  • Penilaian terhadap performa dan produktivitas pekerja biasanya dilakukan dalam kurun waktu beberapa bulan sekali,tapi sebagai pekerja baru tidak ada ruginya kalau kita meminta penilaian dan evaluasi dari pihak atasan,ini akan memberikan solusi bagi kita untuk menjalakan pekerjaan secara lebih baik lagi.

Demikian lah semog sedikit bisa bermanfaat untuk kamu yang sedang dalam proses bekerja di tempat yang baru,solusi di atas tidak sepenuh nya harus dijalani,tergantung tempat dan kondisi kerja kita saja,jadi selamat Bekerja dan semoga Betah....hehehehe

0 Response to "6 Cara Mudah Untuk Beradaptasi Di Lingkungan Kerja Baru"

Post a Comment